Food

Ada Talas Ada Ubi Jadilah Bika Bogor Talubi, Oleh-oleh Khas Bogor

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sudah tiga tahun belakangan ini aku dan keluarga tinggal di Bogor. Walau pun bukan di Bogor kota (dan sebenarnya lebih dekat dengan BSD) orang-orang banyak yang menyimpulkan bahwa rumah kami dekat dengan Kebun Raya Bogor. Daerah rumah kami memang masih seasri Bogor kota sana. Walau jarang hujan, di sini banyak sekali terdapat umbi-umbian seperti singkong, sukun, talas dan ubi. Kalau kalian mampir ke sini, kalian akan melihat penjual umbi-umbian berderet di sepanjang jalan.

Bika Talubi, Bika Oleh-oleh Khas Bogor

Karena kami sering didaulat sebagai penghuni kota Bogor, banyak yang minta dibawakan oleh-oleh khas Bogor. Sekarung singkong atau satu kilo ubi? duh, ribet sekali. Untungnya sekarang sudah ada Talubi. Kombinasi talas dan ubi berbentuk bika,brownies dan donat ini praktis sekali dibawa ke mana-mana. Pantaslah jika didapuk menjadi oleh-oleh khas Bogor, karena you can get all the flavour of Bogor in one piece of cake! 

Talubi (singkatan dari talas dan ubi) sendiri memiliki banyak varian produk. Ada kue lapis, brownies, bika dan donat, tapi yang jadi favorit aku adalah Bika Bogor. Iya, Bika Bogor, bukan Bika Ambon – karena memang berasal dari Bogor, hehe. Bika Bogor Talubi bentuknya memang sama dengan Bika Ambon; kue lengket seperti karet yang penuh pori-pori, tapi begitu digigit, Bika Bogor Talubi ini sama sekali tidak lengket. Walau teksturnya penuh pori, ternyata lembut banget ketika sampai di lidah.

Jika Bika Ambon biasanya terbuat dari dengan terigu dan rempah yang aromatik, Bika Bogor Talubi ini berbahan dasar talas dan ubi. Talas dan ubi inilah yang membuat Bika Bogor terasa lembut dan tidak menimbulkan efek eneg setelah dimakan dalam jumlah banyak.

bika bogor talubi oleh-oleh khas bogor lembutnya menggoda
bika bogor talubi oleh-oleh khas bogor, rasa ubi madu dan talas

Sedikit Kisah Tentang Talubi, Bogor

Bika Bogor Talubi pertama kali dibuat pada tahun 2014. Outlet pertama mereka berada di Jalan Raya Gadog, bersebelahan dengan Vimala Hills. Karena laris manis dan permintaan semakin banyak, sampai hari ini Bika Bogor Talubi sudah memiliki tiga outlet. Dua outlet baru mereka ada di Jalan Padjajaran 20 M, dan di Jalan Sholeh Iskandar no 18 B, Bogor.

Produsen Bika Bogor Talubi berinisiatif membuat kue bika berbahan baku talas dan ubi karena hasil bumi tersebut melimpah di kota Bogor. Wah, nggak salah, dong, ya kalau banyak yang pengin dioleh-olehin talas dan ubi! Sekarang, kalau ada yang nyari oleh-oleh, langsung kubawakan saja sebungkus Bika Bogor Talubi.

Bika Bogor Talubi memiliki empat varian rasa ; talas, nangka, ubi madu dan coco-pandan. Ada juga Bika Bogor Mini yang bentuknya imut dan kecil. Satu pack Bika Bogor Mini Talubi berisi 10 pcs dengan 3 varian rasa  berbeda. Aku sudah pernah nyicip semua, cuma yang paling Bogor banget menurutku yang rasa ubi madu dan talas. Manisnya pas, lembutnya mantap, warnanya juga lucu banget, ungu dan kuning. Walau warnanya shocking, ini bukan hasil dari pewarna tambahan. Ini memang warna asli dari ubi dan talas yang jadi bahan dasar pembuatan Bika Bogor Talubi. Karena Bika Bogor Talubi dibuat tanpa bahan pengawet, maka hanya bertahan selama empat hari. Enak banget dimakan hangat setelah dipanaskan sebentar di dalam microwave!

Nah, kalau laper dan mendadak pengin makan Talubi, kamu bisa order via JNE YES dan Go Food. Harga Bika Bogor Talubi ini juga ramah kantong. Dengan membayar Rp29.000 – Rp35.000 (tergantung jenis produk) kamu sudah bisa merasakan kue-kue enak khas Bogor berbahan dasar talubi, talas dan ubi.

Bika Bogor Talubi

BB  : TALUBI

FB : Bikabogor

LINE : @bikabogor

Instagram : @bikabogor

Telp, SMS & WA : 0888 4829 626

 

Penulis pengidap PMDD, slow writing, devoted to process, because what is life but a long journey around the sun. Ngobrol, yuk! reach me @nyalaterang

5 Comments

  1. bika bogor talubi ini cocok banget juga deh kayaknya untuk penganan acara seperti arisan.. terus kalo ada tamu yang mendadak dateng, tinggal panggil Go Food aja ya enak banget.. 😀

Write A Comment